Berdasarkan data dari Statista tahun 2018, Content Marketing menjadi strategi yang paling efektif di dunia untuk melakukan pemasaran di era digital. Hal ini menunjukkan bahwa Content Marketing menjadi strategi pemasaran yang ampuh dan harus diperhitungkan untuk mendekatkan diri kepada konsumen.
Marvel, sebuah perusahaan yang awalnya hanya memproduksi komik, sekarang menjadi salah satu perusahaan hiburan raksasa. Perusahaan ini memiliki strategi content marketing yang kuat, mulai dari peralihan media yang digunakan hingga iklan yang mereka buat untuk menarik masyarakat menonton film layar lebar yang diproduksinya. Dari Marvel, setiap orang juga bisa mencari dan mendapatkan inspirasi tentang content marketing. Digination.id telah merangkumnya menjadi poin-poin berikut ini.
Bangun merek melalui konten
Marvel tidak seperti sepuluh atau dua puluh tahun yang lalu. Mereka telah mengambil kesempatan untuk membangun dan mengembangkan merek mereka dalam beberapa dekade. Ketika memasuki dunia content marketing, Marvel sulit terkalahkan dengan strateginya. Cara utama mereka bertahan hidup adalah menciptakan konten yang sangat baik. Contohnya, superhero Marvel yang ditampilkan dalam komik memiliki unsur-unsur karakter dan kisah yang berbeda ketika ditampilkan dalam layar kaca TV Series atau layar lebar.
Dengan produksi konten yang sangat kuat secara terus-menerus, mereka membangun mereknya menjadi luar biasa kuat. Membangun merek melalui konten seperti Marvel memang tidak mudah. Tetapi, mulailah coba untuk mengaplikasikannya dalam web, blog, media sosial atau media lainnya. Dengan konten yang kuat, bisnis juga akan dipercaya oleh masyarakat luas.
Baca juga: 10 Tips Branding Bisnis Lokal dengan Budget Minimal
Jangan itu-itu saja
Marvel menyediakan banyak bentuk konten untuk para penggemarnya. Mereka tidak hanya membatasi diri pada konten berbasis cerita. Jika kamu bukan penggemar komik, tidak perlu khawatir karena film-film Marvel yang hadir dalam TV Series atau layar lebar juga tidak kalah seru. Mereka menyediakan akses ke berbagai media untuk tetap menarik hati para penggemarnya.
Menyediakan berbagai bentuk konten adalah cara yang baik untuk tidak hanya membuat konsumen tetap setia tapi juga dapat menjangkau basis konsumen yang lebih luas. Dengan demikian, konsumen baru akan berdatangan dan pendapatan akan meningkat secara signifikan. Jangan pernah membatasi diri untuk membuat konten, jadilah seperti Marvel!
Rencana jauh ke depan
Ketika memasuki dunia perfilman layar lebar, Marvel memilki visi yang luar biasa untuk menampilkan timeline tentang waktu rilis film-film layar lebarnya. Walaupun belum disebutkan judulnya, hingga 29 Juli 2022 mereka sudah merencanakan akan menerbitkan film-film tersebut. Marvel selalu merilis berita tentang film yang akan datang dalam berbagai fase, mungkin kita juga akan mengetahuinya dalam waktu dekat.
Apa yang ditunjukkan oleh Marvel adalah contoh yang baik untuk mempersiapkan hal yang diingini konsumen dan merencanakan sebuah bisnis, khususnya strategi content marketing, jauh ke depan. Langkah seperti ini memang terlihat konyol tapi masyarakat akan menandai kalender mereka dan menunggu produk yang akan datang.
Baca juga: 10 Langkah Bikin Bisnis Sejak Mahasiswa
Ciptakan simbol yang dapat melekat di pikiran dan hati
Dalam memproduksi kontennya, Marvel membuat simbol yang unik agar selalu hadir dalam pikiran dan hati penggemarnya. Contohnya, simbol yang diciptakan membantu mengatur bagaimana perbedaan superhero dan penjahat agar mudah dikenali untuk para penggemar. Simbol ini membantu mendorong hubungan pribadi antara penggemar dan karakter yang diciptakan.
Strategi content marketing seperti itu dapat membantu memromosikan merek. Ketika mereka sudah dikenal dengan bantuan simbol, penjualan akan meningkat tanpa harus menciptakan konten yang banyak. Ciptakanlah sesuatu yang unik untuk bisnis agar dapat dikenal masyarakat. Menjadi dikenal adalah cara untuk mendatangkan pelanggan baru.
Baca juga: 6 Keuntungan Social Media Marketing Bagi Bisnismu