A Call to Action (CTA) atau ajakan bertindak di situs web adalah instruksi kepada pengunjung untuk mendorong mereka mengambil tindakan. Ajakan Bertindak adalah teks instruksi sederhana, seperti "hubungi kami sekarang", "cari tahu lebih lanjut", atau "berlangganan ke Newsletter kami".
Setelah mencurahkan waktu, upaya, dan uang membuat situs web untuk mempromosikan layanan dan produkmu, hal terakhir yang diinginkan adalah pengunjung pergi tanpa mengambil tindakan apa pun. Dengan mendorong pengunjung untuk mengambil tindakan, daripada sekadar membaca dan meninggalkan situs, ajakan bertindak adalah cara yang sederhana dan efektif untuk menghasilkan konversi dan pada akhirnya meningkatkan penjualan.
Tugas sederhana untuk menempatkan CTA ringkas dan mudah dibaca di situs web memberikan sejumlah manfaat, diantaranya:
Baca juga: 3 Strategi Agar Storytelling Menjadi Senjata Ampuh dalam Pemasaran
Memotivasi pengunjung untuk "terlibat" lebih dalam
Daripada sekadar membaca sepotong konten lalu meninggalkan situs, CTA memotivasi pengunjung untuk "terlibat" lebih dalam. Misalnya, menempatkan tautan ke platform media sosial di akhir blog dengan teks "Ikuti kami di Facebook", kemungkinan akan membantu mendapatkan lebih banyak pengikut. Dengan lebih banyak pengikut di Facebook, kamu dapat terlibat dengan pelanggan dan prospek dan membangun kehadiran media sosial.
Tingkatkan tarif konversi
Tingkat konversi sangat penting untuk bisnis apa pun. CTA tertentu dirancang untuk mengonversi pengunjung menjadi prospek. Misalnya, kamu dapat menempatkan CTA di halaman landing yang mendorong pengunjung untuk meninggalkan detail seperti nama, nomor telepon, dan e-mail mereka. Ini adalah cara yang efektif untuk mendapatkan informasi yang dapat digunakan untuk membangun hubungan dengan pengunjung dan prospek.
Kembangkan pelanggan e-mail
Mendapatkan lebih banyak pelanggan e-mail adalah salah satu tujuan pemasaran. Pemasaran e-mail yang efektif membantu menghasilkan dan memupuk prospek, memperkuat hubungan dengan pelanggan dan klien, dan membantu bisnis untuk memperoleh pelanggan baru.
CTA yang tepat dapat memperluas basis data e-mail bisnis dan daftar kontak. Seperti catatan Hubspot, kamu dapat menggunakan kontak dan pelanggan e-mail ini untuk ditindaklanjuti. Tempatkan frasa dan tombol CTA di situs web, blog, dan konten lain yang mendorong pengguna untuk mendaftar ke daftar e-mail bisnismu.
Baca juga: Pemasaran Digital Dukung UKM Indonesia Tingkatkan Ekspor
Mendorong orang-orang untuk membeli produk atau layanan saat "Terakhir"!
Satu CTA yang umum dan efektif adalah yang menciptakan rasa urgensi dan mendorong pengguna untuk bertindak sekarang atau kehilangan kesepakatan "yang tidak dapat dilewatkan".
Misalnya, jika kamu memiliki tiket untuk acara yang ingin dijual, menempatkan CTA di beranda, laman landing, blog, media sosial, atau platform lain yang dapat dilihat publik akan membantumu menjual tiket.
“Cepat! Hanya tersisa 5 tiket!” adalah CTA yang menciptakan urgensi dan mempromosikan tindakan segera yang harus diambil.
Dorong pelanggan untuk menambahkan ke keranjang mereka
Situs e-niaga sangat bergantung pada CTA untuk membujuk pelanggan agar membeli produk mereka. Item yang tersisa di keranjang belanja merupakan tantangan banyak bisnis online. CTA yang tepat dapat membantu mengatasi masalah konsumen yang meninggalkan keranjang belanja sebelum mereka melakukan pembayaran dan menyelesaikan transaksi.
CTA "Tambahkan ke Keranjang" atau "Lanjutkan Pembelian" membantu perusahaan mengingatkan pelanggan mereka untuk tidak hanya menambahkan produk ke keranjang belanja, tetapi juga untuk menyelesaikan pembelian.
Baca juga: Kenapa Instagram Cocok untuk Pemasaran?
Ajak orang untuk berbagi
Setiap bisnis berusaha untuk membuat pengguna tidak hanya melihat dan menyukai konten online-nya, tetapi juga membagikannya. Semakin banyak pengguna berbagi konten seperti blog dan posting media sosial, semakin banyak orang akan melihatnya dan terlibat dengan merek, pada akhirnya meningkatkan kehadiran online dan mengikuti.
Menempatkan tombol "Bagikan Sekarang" atau teks CTA di bagian bawah konten akan mendorong pembaca untuk melakukan hal itu, berbagi konten.
Pelajari lebih lanjut tentang produk atau layananmu
Ingin orang-orang belajar lebih banyak tentang apa yang kamu lakukan, apa yang dapat ditawarkan, dan apa yang membedakanmu dari pesaing? Cukup tempatkan CTA "Pelajari Lebih Lanjut" di bagian akhir halaman atau artikel untuk mendorong pembaca mengklik ke halaman di mana mereka dapat mengetahui lebih lanjut tentang produk, layanan, atau topik.
Simpel, kan?
Baca juga: Buat Pemasaran, Kecerdasan Buatan Juga Bisa