Dalam konferensi iDEAFEST di Jakarta (28/10), Najwa Shihab, jurnalis dan mantan presenter Mata Najwa di salah satu TV swasta, berbagi tips ampuh khususnya bagi pebisnis media agar dapat menyesuaikan diri di era digital. Setelah "pensiun", ia tidak ingin karirnya "terjun bebas" begitu saja. Perempuan yang akrab disapa Nana itu mulai memanfaatkan teknologi untuk membangun platform baru. Akhir tahun 2017, ia mendirikan Narasi TV.
"Setelah saya belajar dari banyak orang yang berpengalaman bekerja di dunia digital, saya menemukan mantra 3 C untuk hadapi era digital," ujarnya. Platform penyedia konten video dan artikel itu tidak akan sukses sebagai startup tanpa menekuni mantra yang ditemukan oleh pendirinya. Berikut mantra 3 C ala Najwa Shihab.
1. Content (Konten)
Memilki konten yang positif, kreatif, dan inovatif adalah sebuah kewajiban agar dapat diterima oleh masyarakat luas. Narasi TV mengangkat 3 nilai yang menjadi kontennya, yaitu anti-korupsi, partisipasi publik, dan toleransi. Ketiga hal ini merupakan permasalahan yang masih belum selesai sehingga masyarakat dapat menerimanya.
Baca juga: Nih, Strategi Content Marketing Yahud!
2. Community (Komunitas/Masyarakat)
Banyak individu dan kelompok di Indonesia yang ingin bergerak bersama. Mereka harus diberikan wadah untuk bergerak. Poin nomor 2 ini akan berkaitan erat dengan poin nomor 3.
3. Collaboration (Kolaborasi)
Kolaborasi dengan berbagai pihak dan platform yang berada di seluruh Indonesia, bukan hanya Jakarta, adalah hal yang paling penting. "Terlalu banyak hal-hal seru dan ide-ide menakjubkan di luar sana. Kita pasti punya keinginan untuk melakukan banyak hal tapi tidak bisa melakukannya sendiri. Konten yang bagus itu penting tapi kita juga harus berkolaborasi," kata Nana.
Sejak pertama kali didirikan, Narasi TV sudah berkolaborasi dengan banyak orang di seluruh Indonesia. Di bawah komunitas yang mereka berikan nama MataKita, masyarakat dapat berkontribusi aktif mebuat berbagai macam konten kreatif yang sejalan dengan Narasi TV. Mereka juga menyediakan pelatihan membuat konten kreatif berkolaborasi dengan local content creator.
Selain itu, Narasi TV juga menyediakan wadah bernama MataMata bagi orang-orang Indonesia yang berada di luar negeri untuk ikut serta membuat konten terkait negara yang sedang mereka tinggali. Hingga saat ini, komunitas MataMata sudah hadir di 20 negara. "Langit kita terlalu tinggi untuk dijelajahi sendiri. Hari ini dan esok hari adalah era untuk merayakan kolaborasi," tutupnya.
Bagi kamu yang ingin bangun startup media, bisa contoh 3 C di balik suksesnya Narasi TV juga, lho...
Baca juga: Pacu Industri Digital, Kemenperin Berkolaborasi dengan Startup