Menurut data Statista, portal penyedia data digital ekonomi global, Facebook memiliki 1.47 miliar pengguna aktif per harinya Angka ini menjadikan Facebook jejaring sosial terbesar sehingga membuatnya jadi salah satu media marketing potensial.
Untuk memaksimalkan fungsi promosi dan iklan suatu merek atau bisnis, Facebook merubah beberapa fiturnya. Jika kamu menggunakan Facebook sebagai salah satu social media marketing, kamu harus catat pembaruan ini dan memasukkannya dalam perencanaan startegi marketing tahun 2019.
Facebook Ads dan pembaruan fitur
1. Augmented Reality Ads
Dengan Augmented Reality Ads, brand dapat lebih interaktif dengan pengguna. Pengguna dapat memvisualisasikan produk, seolah-oleh barang yang dibeli dapat dicoba dan dipakai melalui kamera Facebook. Iklan yang dipasang akan memberikan akses pada kamera dan memungkinkan pengguna untuk mencoba produk yang ditawarkan dengan memencet tombol "Tap to try on" di layar ponsel.
2. Facebook Stories Ads
Facebook stories ads memberikan pengalaman beriklan melalui opsi stories. Stories yang ditawarkan facebook hampir mirip dengan yang ditawarkan instagram, tapi facebook stories memiliki opsi yang lebih banyak hingga pengguna dapat lebih kreatif dalam menulis iklannya.
3. Playable Ads
Facebook baru saja menambahkan Playable Ads untuk aplikasi game, yang memungkinkan pengguna untuk 'bermain sebelum membeli'. Ads ini ditujukan agar pengguna dapat memiliki pengalaman bermain sebelum menginstall game tersebut.
Baca juga: Monetasi IAP Kini Tersedia di Instant Games Facebook
Halaman Facebook
4. Halaman rekomendasi
Mungkin kamu sudah sering melihat halaman review di Facebook, tapi sekarang telah diperbarui menjadi halaman rekomendasi sendiri. Pembaruan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik bagi pengguna.
5. Desain halaman baru di layar smartphone
Halaman bisnis facebook memiliki desain baru di layar smartphone. Perubahan ini membuat halaman bisnis facebook lebih mudah dikendalikan dan diharapkan akan mendorong lebih banyak pengguna bertindak atas iklan yang dipasang.
Pembaruan Facebook measurement
6. Pembaruan video metrik
Facebook baru saja memperbarui metrik video iklannya agar membantu pengiklan mengukur besaran engagement dan mengoptimalkan iklan video yang dipasang.
7. Self-serve brand
Facebook juga menerapkan opsi self-serve yang membantu memberikan informasi bagaimana facebook ads mempengaruhi persepsi merek.
Baca juga: Diterpa Skandal, Mesin Uang Facebook Tidak Berhenti
Pembaruan creative tools
8. Video creation kit
Tidak punya video untuk memperomosikan brandmu? Bukan masalah lagi. Facebook baru saja meluncurkan video creation kit yang dapat kamu gunakan untuk mengubah kumpulan foto yang kamu miliki menjadi sebuah video.
Itu tadi, delapan pembaruan yang baru saja dan akan diluncurkan Facebook untuk mengoptimalkan iklan yang dipasang di platformnya. Jangan lupa dimasukkan ke dalam strategi social media marketingmu!
Baca juga: 4 Jalan UKM Hadapi Skandal Facebook