Tentu kamu pernah dengar ungkapan tak kenal maka tak sayang, kan? Yap, di era yang semakin didominasi internet saat ini, dunia maya menjadi ajang untuk unjuk diri. Apalagi buat kamu yang sedang merintis startup,mempertahankan eksistensi di dunia maya menjadi hal wajib agar brand kamu terus dikenal untuk kemudian bisa 'disayang' oleh pelanggan.
Dunia maya memiliki ruang yang sangat luas untuk menarik perhatian pelanggan karena disamping memiliki kanal yang beragam, jumlah penggunanya pun terus meningkat, contohnya Youtube, WhatsApp, Instagram, Facebook dan lain sebagainya. Oleh karena itu, memanfaatkan dunia maya untuk mempromosikan brand kamu tidak hanya bisa menarik pelanggan, tapi juga bisa meningkatkan penjualan.
Lalu bagaimana membuat startupmu makin populer di dunia maya? Roopali Bhasin, founder SpotLYK Media berbagi tips untuk memaksimalkan dunia online, seperti dilansir dari Entrepreneur, Senin (15/10).
Baca juga: Mudahnya Menjadi Entrepreneur Berkat Media Sosial
Membangun situs
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa 83% pelanggan di 60 negara percaya rekomendasi. Buatlah situs yang berisi tentang deskripsi jasa, layanan atau produk kamu, bagaimana produkmu bekerja dan juga portofoliomu.
Tambahkan testimoni positif dari klien tanpa lupa memajang setiap logo klien yang pernah bekerja sama denganmu. Hal ini akan membantu menghasilkan faktor kepercayaan lebih dari konsumen. Tambahkan tautan ke halaman lain sehingga konten dapat diarahkan dan pengunjung betah berlama-lama di situsmu.
Baca juga: Agar Transaksi Online Aman, Bagaimana Tipsnya?
Kelola situsmu dengan maksimal
Mempunyai situs saja tidak cukup untuk menarik pelanggan. Kamu harus terus memperbarui situs dengan konten-konten yang menarik dan bermanfaat bagi pengunjung. Buatlah artikel yang misalnya menghadirkan informasi mengenai peristiwa terkini atau tips-tips yang berguna. Utamakan untuk membuat artikel yang berkaitan dengan produk atau layananmu sehingga akan membuat pembaca lebih terikat.
Yap, kekuatan utama adalah konten. Kamu bisa menanyakan kepada pelanggan tentang apa yang ingin mereka baca dan buatlah konten sesuai rekomendasi mereka. Tapi, pastikan juga bahwa konten yang kamu buat bukan hasil jiplakan karena mesin pencari cukup mahir dalam mengenalinya. Setelah konten dibuat, sebarkan melalui blog dan seluruh kanal media sosialmu.
Saluran media sosial
Jangan lupa membuat berbagai macam saluran media sosial seperti Youtube, WhatsApp, Instagram, Facebook dan lain sebagainya untuk menjangkau lebih banyak konsumen. Media sosial bisa digunakan untuk lebih terlibat degan konsumen dan secara tidak langsung bisa bercakap-cakap secara dua arah dengan mereka.
Tak terlalu sulit, kan?
Baca juga: Inilah 10 Situs E-commerce Paling Ramai Dikunjungi selama 2017