Social media marketing akhir-akhir ini sedang populer dikalangan pebisnis lokal sebagai solusi pemasaran yang tidak mahal dan efisien. Media sosial dapat digunakan dimana saja dan kapan saja. Faktanya, hampir setiap orang menggunakan media sosial untuk berinteraksi dengan sahabat, bertemu teman lama, bahkan untuk mempromosikan bisnisnya.
Social media marketing menjadi salah satu cara terbaik untuk mengembangkan bisnis lokal, memperluas jangkauan, dan terhubung dengan pelanggan. Menurut mediabistro, 73% dari bisnis lokal menggunakan media sosial sebagai alat pemasaran. Lalu, apa saja keuntungan menggunakan social media marketing?
Aksesbilitas 24/7
Media sosial dapat diakses 24 jam sehari, 7 hari seminggu dan 365 hari setahun di manapun selama ada koneksi internet. Ini tentunya berguna untuk membangun profil bisnis dengan berbagi gambar, berita, acara dan lain sebagainya termasuk mempromosikan produk dan layanan yang ditawarkan. Pelanggan dapat dengan mudah masuk ke akun media sosial pilihannya dan melihat informasi terbaru tentang bisnis atau produk dan layanan yang mereka inginkan.
Baca juga: 10 Tips Branding Bisnis Lokal dengan Budget Minimal
Murah dan Efisien
Social media marketing itu gratis. Menurut socialmediatoday, lebih dari setengah populasi dunia menggunakan media sosial dan sekitar 58 juta pengguna mengunjungi media sosial yang berbeda setiap harinya. Social media marketing adalah cara termudah untuk dapat terhubung dengan konsumen potensial dengan biaya murah, tidak makan waktu dan tidak memerlukann upaya yang besar.
Meningkatkan Kunjungan Situs Web
Berbagi gambar dan video yang berkualitas di akun media sosial bisnismu akan menarik pengguna. Konten yang baik menjadi alasan untuk mengklik dan mengunjungi suatu web. Social media marketing tidak hanya memperomosikan bisnis lokalmu tapi juga membawa lalu lintas web yang lebih banyak, memberikan kesempatan pengunjung menjadi prospek.
Membangun Kesadaran Merek
Jejaring media sosial adalah alat pemasaran yang kuat untuk membangun kesadaran merek. Dengan media sosial, produk dan layanan bisnis lokal dapat dipamerkan. Tidak hanya untuk menjaring pengunjung potensial namun juga dapat membantu merek bisnis lokal dikenal dari waktu ke waktu. Menurut penelitian socialmediatoday, 83% pengguna lebih memilih untuk terhubung dengan suatu merek di Facebook dan 53% di Twitter.
Baca juga: Setengah dari Tenaga Marketing Akan Digantikan Mesin Kecerdasan Buatan
Layanan Pada Pelanggan yang Lebih Baik
Media sosial membantu bisnis lokalmu memberikan layanan yang optimal pada pelanggan. Jaringan media sosial memungkinan bisnis lokal dan pelanggan saling berinteraksi satu sama lain. Karenanya, social media marketing adalah salah satu cara efektif untuk menawarkan layanan pada pengguna potensial. 53% bisnis lokal menggunakan media sosial sebagai alat komunikasi dua arah menurut socialmediatoday.
Meningkatkan Pencarian Organik
Sinyal sosial menjadi salah satu faktor utama dalam peningkatan kunjungan suatu web. Membuat platform media sosial dan berbagi konten didalamnya dapat mendorong pelanggan mengikuti bahkan membagikan konten yang diberikan kepada teman, saudara dan keluarga. Hal ini akan membangun otoritas domain dan meningkatkan pencarian organik.
Social media marketing adalah pendekatan cerdas untuk membantu bisnis lokal tetap bersaing di dunia digital. Kamu salah satunya?