Strategi merupakan suatu hal yang harus cukup jelas dalam menjalankan bisnis e-commerce. Namun sayangnya, cukup banyak pelaku usaha yang belum tahu cara membangun strategi yang efektif.
Sebuah strategi dapat dikatakan efektif saat bisnis mampu fokus bekerja pada area yang mampu menghasilkan return yang paling banyak.
Hal ini akan menjadi dasar pertumbuhan bisnis, sekaligus membantu memfokuskan sumber daya yang terbatas pada kegiatan yang paling penting dan produktif untuk bisnis.
Terdapat dua elemen penting yang harus dimiliki sebuah strategi agar dapat bekerja dengan baik. Lalu apa saja dua elemen tersebut?
Pertama, sebuah strategi yang baik harus bekerja secara khusus untuk bisnis dan pelanggan yang dimiliki. Kedua, strategi dan implementasinya yang menentukan proyeksi keuangan, bukan sebaliknya.
Dan perlu diketahui, untuk membangun strategi untuk bisnis, seorang pengusaha membutuhkan tambahan bacaan, waktu tambahan, dan juga kerja keras.
Baca Juga:
3 Kunci Sukses Dari Taobao University
Sebagai langkah awalnya, membangun strategi harus dilakukan dengan mempertimbangkan dua hal, yakni produk atau layanan yang dijual, dan pendekatan pasar.
Jika dua jenis data dan informasi yang dimiliki terbatas, pelaku bisnis dapat memulainya dengan melakukan wawancara atau riset terhadap konsumen.
Beberapa contoh pertanyaan yang bisa digunakan di antaranya “mengapa kamu membeli dari kami?”, “apa yang kami lakukan yang tidak dilakukan orang lain?”, “nilai apa yang kami berikan?”, dan lain sebagainya.
Selain itu, pelaku bisnis dapat melakukan wawancara ke orang-orang yang tidak termasuk ke dalam pelanggan untuk melengkapi informasi.
Pelaku usaha juga harus memperkaya informasi dengan membaca buku-buku yang berkaitan dengan membangun strategi.
Setelah semuanya terkumpul, pelaku usaha dapat mulai menuliskan rencana strategi bisnisnya. Terdapat banyak format, tapi tidak semua cocok untuk digunakan. Pelaku usaha harus menyesuaikan format dengan bisnisnya.
Perlu ditekankan, membangun strategi bisnis e-commerce tidak mudah. Namun, akan membawa hasil yang sangat baik ke dalam usaha.