Online shop memang telah menjadi primadona di kalangan masyarakat Indonesia, mulai dari anak muda, remaja hingga orang dewasa pun melakoni bisnis berbasis digital ini. Media sosial pun menjadi platform yang paling banyak digunakan untuk menggaet pelanggan dan merauk keuntungan.
Meskipun terlihat mudah, ternyata mempertahankan laju bisnis online tak semudah memulainya. Tak sedikit yang mencoba namun akhirnya gagal dan menyerah. Namun, banyak juga yang kemudian berhasil dan mencapai omzet jutaan hingga ratusan juta rupiah.
Amelia Ramadhanny dan Elvira Susanti merupakan salah satu contoh pebisnis online yang sukses. Amel dan Inge masih-masing merupakan pemilik online shop @toko_palugada dan @mostwanted_ol di Instagram yang sudah beromzet ratusan juta setiap bulannya. Bagi yang ingin memulai bisnis online, keduanya membagi pengalaman dan tips sukses berjualan online bagi pemula.
Maksimalkan Modal yang Ada
Menurut Amel, untuk memulai jualan online tidak perlu menunggu sampai memiliki modal yang banyak. Amel bercerita dia memulai online shop @toko_palugada sejak SMP dengan hanya bermodalkan Rp250.000 dan saat ini bisnisnya telah memiliki 118 ribu pengikut di Instagram.
Inge menambahkan, jika tidak memiliki modal sama sekali, menjadi reseller adalah solusi yang bisa dicoba. Sebagai langkah awal, carilah distributor terpercaya dengan produk-produk yang sesuai dengan passion dan pastikan harga yang ditawarkan kompetitif agar mendapatkan keuntungan.
Bergabung dalam Komunitas
Dengan bergabung dengan komunitas sejenis, Anda dapat berdikusi dengan sesama pebisnis online dan berbagi pengalaman serta update terbaru mengenai produk yang diminati pelanggan. Selain itu, komunitas juga membantu memberikan memberikan solusi dan menjadi tempat konsultasi agar tidak mudah menyerah di saat bisnis sedang lesu.
Jual Produk Sesuai Passion dan Lakukan Promosi
Penting untuk mengetahui passion atau minat Anda sebelum memulai. Dengan mengikuti passion, Anda akan terus tertarik untuk mencari tahu update terbaru dan terpacu untuk selalu memberikan produk-produk yang sedang banyak dicari pelanggan. Agar produk dan toko online diketahui banyak orang, jangan lupa lakukan promosi.
Berikan Pelayanan Pelanggan yang Optimal
“Pelanggan adalah Raja”, kutipan ini juga berlaku di industri online shop. Agar pelanggan puas dan loyal, selalu berikan pelayanan yang terbaik, seperti fast response dan informasi terperinci. Hal-hal kecil seperti pemberitahuan nomor resi pun juga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Amel dan Inge sendiri menggunakan aplikasi Uangku yang memberikan SMS nomor resi otomatis ke pelanggan sehingga mereka tidak lagi mengerjakannya secara manual.
Berikan Garansi Keamanan
Banyaknya penipuan online membuat para pelanggan lebih berhati-hati dalam belanja online. Untuk meningkatkan kepercayaan pada pelanggan, Anda dapat menawarkan pembayaran via aplikasi Uangku atau membuka toko di platform e-commerce terpercaya. Dengan begitu, pelanggan akan mendapat garansi uang kembali jika pesanan mereka tidak di kirim dan penjual juga terlindungi dari customer nakal.
Jual Sebanyak Mungkin dengan Proses Seefisien Mungkin
Saat ini Amel dan Inge sudah tidak menggunakan rekening bank konvensional sebagai metode pembayaran utama, mereka lebih memilih menggunakan aplikasi Uangku sebagai opsi utama dan rekening bank sebagai alternatif. Proses transaksi yang biasanya memerlukan waktu sampai 2 hari, dapat selesai hanya dalam 1 hari. Aplikasi lainnya juga bisa digunakan untuk menghindari skenario salah transfer yang kerap terjadi.